Metode penelitian sosial

A. Operasional Konsep
Menurut peneliti setelah membaca kerangka teori bahwa yang dimaksud dengan definisi operasional adalah suatu pembatasan atau perincian kegiatan operasi yang dilakukan untuk mengukur variabel dan indikator. Sedangkan definisi konsep adalah suatu pembatasan akan pengertian dari masing-masing variabel yang merupakan definisi dari apa yang diamati sebagai suatu konsep yang menentukan antara variabel-variabel mana anda ingin menentukan adanya hubungan empiris.
Sedangkan untuk konsep pemuasan terhadap khalayak terbagi menjadi dua, yaitu Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO). Kepuasan khalayak terhadap penggunaan media diukur dari kesenjangan kepuasan antara kepuasan yang dicari Gratification Sought dan kepuasan yang diperoleh Gratification Obtained.

B. Tipe dan Jenis Penelitian
Tipe penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey dengan tingkat analisis deskriptif. Peneliti menggunakan analisis deskriptif karena penelitian deskriptif hanyalah bertujuan untuk mengetahui tingkat Gratification Sought dan Gratification Obtained dari menonton program acara Hitam Putih, serta juga memaparkan ada tidaknya kesenjangan antara Gratification Sought dan Gratification Obtained motif dalam menonton program acara Hitam Putih.

C. Populasi dan Sampel Penelitian
1. Populasi
Populasi penelitian ini merupakan keseluruhan dari unit analisis, yaitu individu-individu yang diteliti. Dalam penelitian ini yakni meliputi warga Desa Rangkah Kidul RT 18 RW 01 khususnya para remaja putri usia 17 tahun ke atas dan ibu-ibu rumah tangga sesuai dengan target audiens acara Hitam Putih Trans 7.

2. Sampel
Peneliti menggunakan sampling probability area random. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian data di lapangan. Dari populasi awal Kota Sidoarjo, peneliti memilih secara random dan terpilih Desa Rangkah Kidul RT 18 RW 01.
Sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 80 orang dari jumlah populasi yang diperoleh data sekunder, yakni sebesar 300 KK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s